Pengantar teknologi sistem cerdas : Artificial Intelligence
DEFINISI AI
Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) merupakan
salah satu bagian dari ilmu komputer yang mempelajari bagaimana membuat mesin
(komputer) dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan manusia
bahkan bisa lebih baik daripada yang dilakukan manusia.
SEJARAH AI
Kecerdasan buatan sebenarnya sudah dimulai sejak musim
panas tahun 1956. pada waktu itu sekelompok pakar komputer, pakar dan peneliti
dari disiplin ilmu lain dari berbagai akademi, industri serta berbagai kalangan
berkumpul di Dartmouth College untuk membahas potensi komputer dalam rangka menirukan
atau mensimulasi kepandaian manusia. Beberapa ilmuwan yang terlibat adalah
Allen Newel, Herbert Simon, Marvin Miskey, Oliver Selfridge, dan John McCarthy.
Sejak saat itu, para ahli mulai bekerja keras untuk membuat, mendiskusikan,
merubah dan mengembangkan sampai mencapai titik kemajuan yang penuh. Mulai dari
laboratorium sampai pada pelaksanaan kerja nyata.
Pada mulanya kecerdasan buatan hanya ada di universitas dan laboratorium penelitian, dan hanya sedikit sekali – jika ada produk praktis yang sudah dikembangkan. Menjelang akhir tahun 1970-an dan awal tahun 1980-an, mulai dikembangkan secara penuh dan hasilnya secara berangsur-angsur mulai dipasarkan. Saat ini, sudah banyak hasil penelitian yang sedang dan sudah dikonversikan menjadi produk nyata yang membawa keuntungan bagi pemakainya.
KONSEP AI
- Meniru beberapa fungsi otak manusia.
- Komputer diberitahu tentang suatu masalah.
- Programnya dapat ditulis dalam semua bahasa pemrograman termasuk bahasa pemrograman khusus untuk aplikasi Kecerdasan Buatan seperti Prolog dan LISP.
- Dapat dibuatkan hardware khusus dan dapat pula dijalankan pada semua jenis komputer
- Komputer diberi pengetahuan tentang suatu wilayah subyek masalah tertentu dengan ditambah kemampuan inferensi.
- Didasarkan pada representasi dan manipulasi simbol.
- Pengolahan objek bersifat kuantitif.
STUDI KASUS
Prototip model multiagen untuk komputasi kinerja
proyek perusahaan ini pada dasarnya telah dibangun dengan menggunakan bahasa
pemrograman java dan Agent Jadex versi 0.96, yang bersifat open source dan
bebas digunakan untuk tujuan penelitian. Beberapa komponen package library java
yang juga bersifat open source digunakan untuk pemrosesan data seperti
ChartDirector dan jsGantt untuk pembuatan grafik atau chart. Antarmuka pada
sisi pengguna dibangun dengan bahasa pemrogram Javascript versi prototype
window (juga bersifat open source). Tampilan antarmuka dalam bentuk window
dapat lebih memudahkan pengguna untuk mengatur dan melihat beberapa infomasi
proyek perusahaan secara bersamaan, tanpa perlu berpindah antar halaman web.
Sedangkan untuk menangani komunikasi client-server digunakan perangkat lunak
Glassfish dan Tomcat server sebagai web server.
Sebagai contoh, pada Gambar 6 diperlihatkan kode
program dari file ADF (agent definition file, bahasa Jadex) dari agen
aPerformancesProgress. Agen ini memiliki lima buah achieve goal, yaitu
gShowProgress, gShowProjectPerformance, gDisplaySGraph, gDetailGanttProjects,
gDisplay ReportStaff. Sedangkan bagian kode program java dari plan
pShowProjectProgress diperlihatkan pada Gambar 7.
Pada Gambar 8 ditunjukkan tampilan dalam halaman web
sebuah hasil pengujian dari prototip yang telah dibangun. Hasil ini untuk
menunjukkan kemampuan dari agenagen dalam berkoordinasi untuk menyediakan
informasi kinerja kemajuan dari seluruh proyek yang sedang dilaksanakan oleh
perusahaan. Pada window Project Performances terlihat nilai kinerja yang
dicapai oleh setiap proyek dalam bentuk bar chart dan tabel. Sebagai contoh
Project Company High Internet (dengan nilai CPI 0.77 dan SPI 0.67 yang berarti
berjalan normal), Project School Speedy I (dengan nilai CPI 1.03 dan SPI 0.96
yang berarti berkinerja cukup baik), dan Project Banana 2.0 (dengan nilai CPI
0.43 dan SPI 0.58 yang berarti berkinerja tidak bagus). Sedangksn pada window
Grafics S terlihat nilai kinerja komulatif dalam periode waktu bulanan untuk
Project School Speedy I dalam bentuk kurva S.
Amrizal,
Victor. Aini, Qurrotul. 2013. Kecerdasan
Buatan. Jakarta. Halaman Moeka.
Azhari.
Subanar. Wardoyo, Retantyo. Hartati, Sri. 2009. SISTEM AGEN CERDAS BERBASIS WEB UNTUK KOMPUTASI INFORMASI KINERJA DARI
PELAKSANAAN PROYEK-PROYEK PERUSAHAAN. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi.
Komentar
Posting Komentar